Minggu, 16 Juni 2013

JENANG PATI KERUT



Di daerah Jawa Tengah...,pati kerut banyak ditemui. Di daerah lain ada juga tetapi dengan sebutan yang berbeda. Ada yang menyebutnya dengan tepung garut atau ararut. Sebenarnya banyak manfaat yang terkandung dalam pati kerut ini. Dengan kandungan yang hampir sama dengan tepung terigu & bebas dari gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh anak2 berkebutuhan khusus. Selain itu bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag.
Kali ini, saya membuat makanan favorit saya yaitu jenang pati kerut. Rasanya sudah lama juga ga buat. So..,rasanya nikmat banget. Pengen??? Nih liat fotonya aja ya...,hehehe.
Yukk...,bikin & rasakan kenikmatannya. It's yummy & yg jelas menyehatkan.
Resepnya aku adaptasikan dari mbak yg membantu di rumah bapak-ibuku.

Bahan : 200 gr pati kerut, dihaluskan
            100 gr gula jawa
            air secukupnya
            sejumput garam
            santan secukupnya
Cara Membuat :
Masak air & gula jawa sampai meleleh semua dan biarkan hingga mendidih. Pati kerut yang sudah dihaluskan, masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk2. Haluskan memakai 2 sendok. sehingga tidak ada yang bergerindil. Kalaupun masih ada yang bergerindil tapi sudah telanjur matang, biarkan saja. Dinginkan sebentar sebelum dikonsumsi. Hangat atau pun dingin sama nikmatnya.
Santan dipanaskan dicampur dengan garam sedikit...,biar ada rasa gurih asinnya. Jangan terlalu kental maupun terlalu encer, sedang2 aja.
Penyajian :
Jenang/bubur yang sudah jadi, ambil sekitar 2 sendok sayur letakkan di piring ato mangkuk. Beri santan diatasnya beberapa sendok, kemudian campur dengan jenangnya. Jadilah semangkuk jenang/bubur pati kerut yang nikmat.

Hmmm....,yummy!!

3 komentar:

  1. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus
  2. Salam kenal Mbak Sawitri,

    Jenang pati kerut memang uenak sekaligus menyehatkan. Aku sering bikin di rumah.
    Btw, kalo ada yang kesulitan mencari tepung ini, Aku jual lho Rp.25rb/kg, bisa pesan di Tokopedia dengan alamat https://www.tokopedia.com/rachmatcomputer/tepung-pati-garutkerutlarutrarutjelarutsalarutwaeruterut

    Salam manis & sukses selalu Mbak

    BalasHapus
  3. Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

    BalasHapus